Verifikasi Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates


    Daftar Blog Saya

    Verifikasi Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat

    Kabartujuhsatu
    Selasa, 01 November 2022, November 01, 2022 WIB Last Updated 2022-11-01T13:53:55Z
    masukkan script iklan disini

    Sragen, Kabartujuhsatu.news,-Tantangan pembangunan sanitasi di Indonesia adalah masalah sosial budaya danperilaku penduduk yang terbiasa buang air besar (BAB) di sembarang tempat, khususnya ke badan air yang juga digunakan untuk mencuci, mandi dan kebutuhan higienis lainnya.

    Untuk itu Koptu Triyono Babinsa Desa Plupuh  Koramil 20/Plupuh Kodim 0725/Sragen melaksanakan Verifikasi desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Desa Plupuh, Selasa ( 01/11/2022).

    Haryani selaku Bidan Desa Plupuh mengatakan berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004, penanganan masalah sanitasi merupakan kewenangan daerah, tetapi sampai saat ini belum memperlihatkan perkembangan yang memadai. 

    "Oleh sebab itu, pemerintah daerah perlu memperlihatkan dukungannya melalui kebijakan dan penganggarannya.


    STBM merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. Indikator outcome STBM yaitu menurunnya kejadian penyakit diare dan penyakit berbasis lingkungan lainnya yang berkaitan dengan sanitasi dan perilaku.

    “ Sedangkan indicator output STBM antaralain: Setiap individu dan komunitas mempunyai akses terhadap sarana sanitasi dasar sehingga dapat mewujudkan komunitas yang bebas dari buang air di sembarang tempat (ODF) “ ungkap Bidan Desa.

    Setiap rumahtangga telah menerapkan pengelolaan air minum dan makanan yang aman di rumah tangga; Setiap rumah tangga dan sarana pelayanan umum dalam suatu komunitas (seperti sekolah, kantor, rumah makan, puskesmas, pasar, terminal) tersedia fasilitas cuci tangan (air, sabun, sarana cuci tangan), sehingga semua orang mencuci tangan dengan benar.

    (Agus Kemplu)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini