Presiden Jokowi Kukuhkan Paskibraka Nasional 2022 di Istana Merdeka
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates


    Daftar Blog Saya

    Presiden Jokowi Kukuhkan Paskibraka Nasional 2022 di Istana Merdeka

    Kabartujuhsatu
    Senin, 15 Agustus 2022, Agustus 15, 2022 WIB Last Updated 2022-08-15T21:27:18Z
    masukkan script iklan disini

    Jakarta, Kabartujuhsatu.news,- Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2021. Pengukuhan dilakukan dalam upacara yang digelar di halaman depan Istana Merdeka, Senin (15/8/2022).

    Melalui siaran langsung YouTube Sekretariat Presiden, terlihat hadir Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Iriana Jokowi, Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan istri Wury Ma'ruf Amin.

    Jokowi yang didampingi Ma'ruf langsung berjalan menuju ke tengah lapangan untuk menjadi pembina upacara. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

    Setelah itu, Jokowi memimpin proses mengheningkan cipta.


    Acara dilanjutkan dengan pembacaan ikrar Paskibraka yang dilakukan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi.

    "Adik Savina Fasha (pemimpin upacara) peganglah sang Merah Putih dengan tangan kananmu dan letakkanlah di dada kirimu.

    Adik-adik calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, kini ulangi kata-kata saya dengan suara yang keras dan tegas," ucap Yudian.

    Yudian kemudian membacakan ikrar Paskibraka yang diikuti oleh Savina dan seluruh calon Paskibraka.

    Ikrar putra Indonesia. Aku mengaku putra Indonesia dan berdasarkan pengakuan itu, aku mengaku bahwa aku adalah makhluk Tuhan sang Maha Pencipta dan bersumber padanya. 

    Aku mengaku bertumpah daerah satu Tanah Air Indonesia, Aku mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia, Aku mengaku bernegara satu, negara kesatuan Republik Indonesia yang berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar NKRI Tahun 1945. Aku mengaku berjiwa dan berideologi satu, jiwa dan ideologi Pancasila dan satu Undang-Undang NKRI Dasar Tahun 1945," demikian dibacakan Yudian yang diikuti oleh seluruh calon Paskibraka.

    "Aku mengaku bertujuan satu masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila. Aku mengaku kebhinekaan dalam kesatuan budaya bangsa. Aku mengaku sebagai generasi penerus perjuangan besar kemerdekaan dengan akhlak dan insan menurut ridha Tuhan Yang Maha Esa. 

    Berdasarkan pengakuan- pengakuan ini dan demi kehormatanku sebagai kader bangsa aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku untuk mengamalkan semua pengakuan ini dalam karya hidupku sehari-hari. 

    Semoga Tuhan Yang Maha memberkati niatku ini dengan taufik dan hidayahnya serta inayahnya," sambungnya.

    Setelah itu, Yudian meminta Savina untuk mencium bendera Merah Putih.

    Usai membacakan pernyataan pengukuhan, Jokowi menyematkan lencana kepada pemimpin upacara secara simbolis sebagai tanda pengukuhan Paskibraka kepada Savina selaku pemimpin upacara.

    Jokowi dan Ma'ruf beserta istri dan Yudian lantas menghampiri Paskibraka Nasional 2022. Tampak mereka sempat berdialog dengan satu per satu anggota Paskibraka tersebut.

    (Red/K71/**)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini