Fenomena Perubahan Iklim, Mentan SYL Perintah Jajaran Tanam Pohon Sambut HUT RI ke 77 Tahun
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Fenomena Perubahan Iklim, Mentan SYL Perintah Jajaran Tanam Pohon Sambut HUT RI ke 77 Tahun

    Kabartujuhsatu
    Minggu, 14 Agustus 2022, Agustus 14, 2022 WIB Last Updated 2022-08-14T16:41:22Z
    masukkan script iklan disini

    Jakarta, Kabartujuhsatu.news,-Fenomena perubahan iklim telah terjadi dan semakin signifikan di Indonesia, bahkan dunia. Hal tersebut menyebabkan pergantian musim yang tidak dapat ditebak dalam setiap tahunnya.

    Dampak perubahan iklim tersebut dirasakan pada seluruh sektor kehidupan, tak terkecuali sektor pertanian. Bahkan, pertanian adalah sektor utama yang merasakan dampak dari perubahan iklim tersebut karena bertumpu pada siklus air dan cuaca untuk menjaga produktivitasnya.

    Cara yang paling efektif untuk mencegah terjadinya perubahan iklim dan pemanasan global adalah dengan menanam pohon.

    Oleh karena itu memanfaatkan momen perayaan HUT RI ke-77 Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) memerintahkan kepada seluruh eselon 1 yang berada di bawah Kementerian Pertanian untuk melakukan aksi menanam pohon baik di kantor maupun lingkungan sekitarnya.

    “Penanaman pohon ini sebagai langkah revitalisasi alam, peningkatan produktivitas lahan, mitigasi bencana dan perubahan iklim juga untuk mendorong terciptanya sumber ekonomi dan kemandirian masyarakat yang hasilnya dapat dinikmati bersama,” terang SYL.

    Menindaklanjuti arahan Mentan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi telah memerintahkan seluruh UPT BPPSDMP untuk serentak melakukan aksi menanam pohon.


    “Melalui proses menanam, diharapkan nilai integritas yaitu gotong royong, tanggung jawab, dan harmoni antara pemikiran dan tindakan tertanam. 

    "Karena kegiatan ini tidak hanya selesai sampai di sini, selanjutnya pohon-pohon ini tetap harus dirawat dan dipelihara dengan baik,” kata Dedi.

    Penanaman pohon dilakukan di Kawasan Lahan Balai Besar Pelatihan Pertanian Batangkaluku. 

    “Langkah ini dilakukan demi memperbaiki lahan-lahan yang ada di BBPP Batangkaluku, katanya.

    Ia berharap ke depan lahan di lokasi ini membaik kemudian yang terpenting adalah menjaga kawasan serapan air”, Terang Muhammad Sidiq selaku Kepala BBPP Batangkaluku.

    Penanaman pohon diikuti oleh Kepala Bagian Umum BBPP Batangkaluku Rosdiana, Koordinator Program dan Evaluasi, Fitriani, Sub. Koordinator Program dan Kerjasama Yuli Nurnaningsih, Sub. Koordinator Aparatur Sipil Negara Amri P, Sub. Koordinator Kepegawaian Nenny S serta Pegawai BBPP Batangkaluku.

    Dari 77 pohon yang ditanam diantaranya ada Pohon Mangga, Pohon Kelapa, Pohon Durian dan Pohon Manggis.

    (timhumasbbpp-bk/ILh/AL/YL)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini