Ikatan Alumni Magang Jepang Siap Dukung Pembangunan Pertanian
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Ikatan Alumni Magang Jepang Siap Dukung Pembangunan Pertanian

    Kabartujuhsatu
    Sabtu, 25 Juni 2022, Juni 25, 2022 WIB Last Updated 2022-06-26T04:54:32Z
    masukkan script iklan disini

    Maros, Kabartujuhsatu.news, - Ikatan Keluarga Alumni Magang Jepang (IKAMAJA) Nasional akhirnya menyepakati kepengurusan baru periode 2022-2027 pada kongres V yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Kantor Bupati Maros, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu (25/06/2022). Kegiatan ini menghadirkan 62 presensi dari 24 Provinsi di Indonesia.

    Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan penyiapan SDM pertanian harus dilakukan.

    "Pertanian ibarat merpati yang tidak ingkar janji, untuk itu perlu didukung berbagai upaya dalam mensukseskan keberhasilan pembangunan pertanian. Dan kesuksesan pembangunan pertanian sangat ditentukan oleh kesiapan SDM. Oleh karena itu, kita harus menyiapkan SDM-SDM terbaik," kata Mentan SYL.

    Sedangkan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan IKAMAJA memiliki sejumlah produk pertanian unggul.

    "Hebatnya, di IKAMAJA petani juga diajarkan bahasa Jepang. Dengan cara ini, mereka mempersiapkan para petani magang yang ingin mengikuti program magang ke Jepang," ujar Dedi Nursyamsi.

    Dedi menambahkan, IKAMAJA juga fokus dengan pembahasan alsintan yang juga bisa menjadi bekal buat para petani yang akan magang.

    IKAMAJA lahir dari perkumpulan pemuda-pemuda Indonesia yang telah melaksanakan permagangan bidang pertanian di Jepang.

    Program ini diadakan Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) dengan tujuan agar pemuda tani Indonesia mampu mengadopsi teknologi, budaya etos kerja, dan agribisnis yang dapat diaplikasikan di Indonesia khususnya di daerah asalnya.

    Selain itu program ini diharapkan mampu menghasilkan regenerasi petani yang mampu menjadi inspirasi dan motivator sektor pertanian di wilayahnya.

    Hasil Kongres IKAMAJA ke V, terpilihnya kembali Ferdi Saefullah sebagai Ketua IKAMAJA Nasional dari Provinsi Banteng, Ngatno sebagai Sekjen dari Provinsi Kalimantan Timur dan Asgar Pratomo sebagai Bendahara Umum dari Provinsi Jawa Tengah periode 2022-2027.

    Ketua IKAMAJA Nasional terpilih, Ferdi Saefullah mengatakan banyak terimakasih kepada rekan-rekan yang sudah memberikan kepercayaan untuk kembali melanjutkan kepemimpinan IKAMAJA 5 tahun kedepan.

    "Ada begitu banyak agenda-agenda yang diberikan, akan tetapi melihat ini tim yang luar biasa ini mudah-mudahan dalam waktu 5 tahun kedepan semuanya bisa terselesaikan. 

    "Itu bisa terlaksana kalau kita bekerja bersama-sama, bersama-bersama kita bekerja, mari kita besarkan IKAMAJA ini, mari kita besarkan organisasi ini sehingga memberikan manfaat yang besar kepada negara kesatuan Republik Indonesia," katanya.

    Menurutnya kedepan IKAMAJA bisa lebih besar lagi memberikan kontribusi kepada masyarakat terutama dunia pertanian kita, kemudian IKAMAJA ini membangun jejaring usaha sehingga bisa bermanfaat bagi anggota, masyarakat dan Republik Indonesia secara nasional.


    Kongres IKAMAJA ke V dibuka oleh Andi Amal Hayat Makmur, Koordinator Program dan Kerjasama Pusat Pelatihan Pertanian (Puslatan). Dalam arahannya Andi Amal berharap kongres IKAMAJA ke V ini dapat merumuskan program-program yang disesuaikan perkembangan magang jepang saat ini, mengingat saat ini Badan Penyuluh dan Pengembangan SDM Pertanian (BPSDMP) sudah mengirimkan tenaga kerja terampil ke Jepang melalui program Spesific Skill Worker (SSW) yang mana syarat-syarat peserta harus memiliki Visa Tokutei Ginou atau visa keahlian khusus yang mana mereka harus memiliki sertifikat keterampilan.

    "Melalui magang jepang diharapkan sepulangnya dari Jepang petani muda kita dapat membangun daerahnya masing-masing," katanya.

    Sementara Teguh Santoso peserta kongres dari Daerah Istimewa Yogyakarta mengatakan dengan kongres IKAMAJA ke V ini kam semua peserta berharap nanti kongres ini menghasilkan keputusan-keputusan yang membawa kemajuan khususnya IKAMAJA dan Pertanian Indonesia pada umumnya.

    Ia juga berharap hasil Kongres dapat memajukan IKAMAJA, lebih bermanfaat dan lebih hebat.

    Adapun rencana program kerja IKAMAJA periode tahun 2022 - 2027 antara lain Mengupdate Database IKAMAJA, Konsolidasi organisasi sampai ke tingkat kabupaten/kota, Memberikan SK Kepengurusan secara berjenjang, Pembuatan Badan Usaha Milik Ikamaja (BUMI) Mengadakan orientasi atau rekrutmen, membuat alur komunikasi dan jejaring usaha IKAMAJA yang jelas melalui media sosial berupa, Blog, WA, Instagram, Twitter dan Facebook.

    Selain itu, Pembuatan Badan Hukum organisasi IKAMAJA diberikan kewenangan sepenuhnya kepada Kepengurusan Ikamaja Nasional yang terpilih periode 2022 – 2027 pada Kongres V (kelima) di Maros Sulawesi Selatan, Calon mendapatkan rekomendasi dari pengurus IKAMAJA Kab/Kota, Pendidikan dan Pelatihan kewirausahaan IKAMAJA, Penumbuhan P4S yang dimiliki dan dikelola IKAMAJA serta program lainnya.

    (Red/**)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini