Dinilai Besar Komitmen Kemanusiaan, Megawati Soekarnoputri Diberi Gelar Professor
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Dinilai Besar Komitmen Kemanusiaan, Megawati Soekarnoputri Diberi Gelar Professor

    Kabartujuhsatu
    Selasa, 10 Mei 2022, Mei 10, 2022 WIB Last Updated 2022-05-10T16:13:47Z
    masukkan script iklan disini
    Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri (Ist).

    Jakarta, Kabartujuhsatu.news,- Presiden RI Kelima Megawati Soekarnoputri mendarat di Seongnam, Seoul, Korea Selatan, Ahad, 8 Mei 2022. 

    Di Negeri Ginseng itu Megawati akan menghadiri acara pelantikan Presiden Korsel sekaligus menerima penganugerahan gelar profesor kehormatan dari Seoul Institute of the Arts (SIA). Dua agenda itu akan berlangsung pada 10-11 Mei 2022.


    Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto  menjelaskan SIA memberi gelar profesor tersebut karena menilai besarnya kontribusi dan komitmen kemanusiaan Megawati dalam memperjuangkan perdamaian di Semenanjung Korea, serta perhatiannya terhadap demokrasi, lingkungan dan kebudayaan.

    "Ibu Mega pernah jadi utusan khusus Presiden Korea Selatan untuk ke Korea Utara dalam menjalankan diplomasi perdamaian," ujar Hasto dalam keterangan tertulis, dikutip dari Tempo, Selasa, 10 Mei 2022.

    Menurut Hasto, Megawati masuk dalam sedikit pemimpin yang bisa diterima oleh Korea Utara. 

    Hal ini terkait hubungan historis antara Proklamator RI yang juga ayah Megawati, Sukarno, dan Great Leader Korea Utara, Kim Il Sung.

    Pemberian gelar profesor dari SIA ini, menurut Hasto, menjadi penting di tengah ketegangan hubungan Selatan dan Utara saat ini, terutama setelah Korea Utara belum lama ini meluncurkan rudal balistik.


    "Sebab Ibu Mega yang konsisten dalam membangun dan mewujudkan perdamaian di Korea, diharapkan dengan kepemimpinan Ibu Mega yang diterima kedua belah pihak, dalam membantu proses dialog bagi masa depan peninsula itu. 

    Dan di sinilah pemberian profesor kehormatan diberikan kepada Ibu Megawati dari SIA. 

    Karena memang pendekatan kebudayaan itu suatu hal yang sangat penting," jelas Hasto.

    Kata Hasto, SIA, juga sudah melakukan kajian-kajian terhadap kepemimpinan Megawati dan dedikasinya terhadap kebudayaan sebelum memberikan gelar tersebut. 

    "Kalau kita lihat ke dalam, PDI Perjuangan adalah satu-satunya partai di Indonesia yang memiliki Badan Kebudayaan. 

    Badan ini terbukti efektif dalam menjabarkan Pancasila melalui jalan Trisakti," ungkap Hasto.

    Gelar profesor kehormatan dari SIA ini akan menjadi yang kedua untuk Megawati. Sebelumnya,  pada Juni 2021 lalu, Megawati menerima gelar Profesor kehormatan dari Universitas Pertahanan (Unhan) RI di Bidang Kepemimpinan Strategik.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini