Berkah Ramadhan, KUA Donri-Donri Gelar Khatamal Al-Qur'an dan Bagi-Bagi Takjil
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates


    Daftar Blog Saya

    Berkah Ramadhan, KUA Donri-Donri Gelar Khatamal Al-Qur'an dan Bagi-Bagi Takjil

    Kabartujuhsatu
    Kamis, 21 April 2022, April 21, 2022 WIB Last Updated 2022-04-21T20:44:37Z
    masukkan script iklan disini


    Soppeng, Kabartujuhsatu.news,- Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Donri-Donri menggelar kegiatan Khatamal Al-Qur'an dan Bagi-bagi Takjil, Kamis (21/4/2022).


    Dalam khataman Al-Qur'an ini dipandu oleh Penyuluh Agama Islam KUA kecamatan Donri-Donri Hj. Masniah, S.Ag yang dilangsungkan di Masjid Mujahidin Desa Pising Kecamatan Donri-Donri.


    Hj. Masniah mengungkapkan bahwa Mengkhatamkan Alquran berarti membaca seluruh surat yang ada pada Alquran, yang secara keseluruhan, ada 114 surat yang terkandung dalam Alquran dan 6236 ayat, dimulai dari surat Al-Fatihah dan diakhiri dengan surat An-nas, ujarnya.



    "Mengkhatamkan Alquran dan atau menyelesaikan bacaan Alquran dimaksudkan agar kita mendapatkan Rahmat dari Allah SWT, terang mantan Penyuluh teladan tingkat Sulsel ini.


    "Biasanya sebagaimana kisah Rasulullah bahwa setelah selesai bacaan Alquran kita membaca doa Khotmil Quran, terang Hj. Masniah.


    Sementara itu, KM H.Khaeril Ashar, S.Pdi menegaskan bahwa dalam khataman Al-Qur'an jangan sekedar mengaji, namun mari kita menghadiahkan pahala bacaan kita kepada keluarga kita yang telah meninggal bahkan kepada orang yang masih hidup pun di bolehkan, tandasnya.


    "Kemudian untuk mendapatkan berkah dalam bacaan Alquran itu tentu kita punya adab tersendiri, katanya.



    "Saat berdoa kepada Allah SWT kita harus merendahkan diri, dan jika bacaan Alquran itu akan kita hadiahkan kepada keluarga hendaknya menyebut nama yang kita niatkan, papar KM H.Khaeril Ashar.


    Khaeril Ashar mencontohkan," Ya Allah seumpama ada pahala dari bacaan Alquran ini mohon di hadiahkan kepada keluarga kami atas nama... (Sebut nama), terangnya.


    Sementara doa khatam Al-Qur'an untuk memohon Rahmat Allah SWT yakni, "Allhummarhamni bilqur'an. Wajalhu li imaman wa nuran wa hudan wa rohmah.


    "Allahumma dzakkirni minhu ma nasitu wa 'allimni minhu ma jahiltu warzuqni tilawatahu aana-allaili waj'alhu li hujatan ya rabbal 'alamin , pungkasnya.




    Usai kegiatan Khataman Al-Qur'an
    yang di pandu oleh MUhlis ,S.Pd.I yang didampingi oleh Sabran, S.Hi, Saharuddin, S.Pd.I, Haderi. S.Ag, Samrah, S.Kom, Dra. Nahdah serta Dra. Wahdah dilanjutkan dengan kegiatan bagi-bagi takjil.


    Dalam kegiatan bagi-bagi takjil dipimpin oleh Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Donri- Donri H. Hadenus, S.Ag, MH dan Syamsu Sudirman bersama seluruh Staf KUA Kecamatan Donri Donri dengan berbagi kepada jamaah masjid Mujahidin.



    Selain berbagi Takjil kepada Jamaah Masjid Mujahidin juga dilakukan pembagian takjil di depan kantor KUA Kecamatan Donri-Donri dengan menyasar para pengendara yang melintas.


    Kepala KUA Kecamatan Donri-Donri H Hadenus mengungkapkan bahwa pembagian takjil ini sebagai bentuk kepedulian kita kepada warga masyarakat dan kami berharap semoga bermanfaat, tandasnya.


    (Red)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini